Welcome for Our Better Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sejarah paling panjang di dunia ini. Paling tidak, lebih dari lima belas abad sejarah telah menggoreskan tintanya di negeri pertiwi ini. Sejarah yang digoreskannya pun begitu bervariasi. Ada senang ada sedih. Ada kemenangan juga ada kekalahan. Semuanya tumpah ruah di perkamen sejarah yang telah berumur sangat tua ini.
Kejayaan di Indonesia pada masa lampau benar-benar diakui oleh bangsa lain. Begitu perkasanya Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit mebuat seluruh dunia pada saat itu mengangkat topi untuk kita semua. Begitu kuat prajuritnya, solid persatuannya, serta didukung oleh kekayaan alam yang begitu melimpah yang masih dapat kita nikmati hingga saat ini. Seakan-akan tak ada lagi bangsa di manapun itu yang dapat menandingi kedigdayaan dari Indonesia pada saat itu.
Namun, masa lalu tetaplah masa lalu. Sekarang Indonesia tak ubahnya hanya menjadi sebuah pelengkap dari perputaran roda dunia. Tak ada lagi cerita tentang kekuasaan Indonesia yang begitu ditakuti oleh negara-negara lain. Yang ada justru kita harus memohon-mohon agar kita “dihargai” negara lain. Sampai-sampai harus mengucapkan My Honor kepada presiden negara lain. Tak ada lagi yang namanya kekayaan Indonesia yang tak tertandingi di mana-mana. Justru saat ini kita “mengemis-ngemis” pada negara lain agar hutang yang negara kita miliki diperingan lagi. Sunggu ironis apabila kita bandingkan pada kejayaan Indonesia pada masa lampau.
Meskipun, ada beberapa hal yang masih membuat Indonesia sedikit ditakuti oleh negara-negara lain. Kemampuan diplomatis Indonesia saat ini masih cukup dihargai di mata para pemimpin dunia. Buktinya, Indonesia masih sering diminta bantuannya untuk mengatasi konflik perdamaian di engara sahabat. Sayangnya, hal tersebut mungkin tidak akan bertahan lama. Kepiawaian dalam bernegosiasi sepertinya semakin menurun. Hal itu diperlihatkan oleh bagaimana ketidakmampuan pemerintah kita untuk mencari solusi yang baik dengan beberapa negara tetangga tentang perbatasan wilayah, keamanan warga yang tengah bekerja di sana, dan berbagai hal yang lain. Selain kemampuan diplomatis tersebut, yang masih mungkin untuk kita banggakan pada negara lain adalah kemampuan atlet bulutangkis yang negara ini miliki. Indonesia masih menjadi macan dunia untuk cabor ini. Namun sekali lagi, hal tersebut juga tengah terancam kelanggengannya. Negara-negara yang lain kini sudah mulai menunjukkan kemampuannya di pentas dunia. Dengan sudah mulai seretnya prestasi atlet kita, menandakan sudah ada alarm bahaya untuk cabor ini. Jika tidak ada penanganan yang serius dari pemerintah kita, kejayaan kita pada bidang ini pun hanya tinggal sejarah.
Akan tetapi, diluar itu semua, yang harus kita lakukan utamanya oleh generasi penerus bangsa ini adalah berbuat semaksimal mungkin untuk negara kita tercinta ini. Mulailah dari hal yang kecil untuk meraih hal yang lebih besar nantinya. Janganlah kita terlalu banggakan kejayaan pada masa lampau jikalau kita tidak mampu membuat hal yang jauh lebih berarti bagi bangsa ini di masa depan. Prepare Your Self and Welcome for Our Better Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s