Teleskop 2011

Teleskop 2011
Anyone knows what is telescope 2011? Ya, itu adalah sebuah latihan kepemimpinan paling “elit” di teknik. Bukan elit dalam artian super mahal atau eksklusif. Namun, lebih kepada artian yang bisa mengikutinya adalah orang-orang terpilih dari masing-masing lembaga. FYI, orang-orang yang berhasil ikut teleskop adalah orang-orang terpilih dari masing-masing lembaga di teknik. Termasuk didalamnya adalah departemen BEM KMFT, KM/HM, serta BSO-BSO lainnya.
Kejutannya adalah, gw dipilih mewakili KMTETI. Pada awalnya, gw ngerasa kayaknya ketua KM gw salah milih. Atau kalau nggak, gw terpaksa dipilih oleh beliau. Dalam kata lain, gw adalah the last option dari sekian banyak pilihan. Ya sudahlah, apa mau dikata. Karena gw mewakili KM akhirnya gw mendapat bantuan subsidi 50 % (harusnya bayarnya 50k). Dan akhirnya petualangan gw di teleskop pun dimulai.
Sabtu, 28 April 2012
Pada hari ini, diadakanlah SG teleskop. Di SG ini, gw mulai dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang masing-masing berisi 9-10 orang. Alhamdulillah, gw mendapat kelompok yang mantap banget. Keren-kerenlah pokoknya. Dan disinilah gw mengetahui jika di acara ini juga ada tugas-tugas yang telah menanti. Baik tugas individu, kelompok, maupun angkatan. Enteng sih, tapi pada waktu yang gak tepat. And that’s the probelem.
Entah kenapa juga, gara-gara SG inilah gw menjadi ketua kelompok gw yang bernama Gadjah Mada. Padahal gw udah nolak dan minta diganti dengan yang lain. Apa boleh buat, jadilah gw menjadi ketua dari kelompok ini. dengan gw menjadi ketua, otomatis gw juga bakal ikut dalam forum dari masing-masing ketua kelompok. Dan sialnya lagi, dalam forum tersebut, gw terpaksa menjadi ketua dari proposal yang dibuat sebagai tugas angkatan. Ini muka gw yang salah atau bagaimana, entah kenapa harus gw yang menjadi ketua. Gw sendiri sedikit merasa agak nyampah. Karena dalam proposal tersebut, gw gak terlalu berkontribusi terlalu banyak. But, yang bisa gw ucapin adalah terima kasih banget yang sebesar-besarnya buat Wardah yang telah mengerjakan proposal tersebut dengan senang hati. Sorry juga, gak bisa bantu banyak. Juga buat temen-temen lain yang telah menyukseskan proposal tersebut sehingga tugas angkatan kita semua selesai.
Selasa, 1 Mei 2012
Untuk pertama kalinya kelompok gw kumpul. Ada beberapa agenda pas ngumpul tersebut. Yang pertama sosialisasi kalau kelompok kita bakal nari reog. (sejujurnya itu pertama kali gw nari). Selain itu, juga sekalian acara kepemanduan sama kak reza. Dilanjutkan dengan perkenalan dengan 2 kelompok yang sayangnya anggotanya gak lengkap. (sedikit disayangkan, padahal ada yang pingin gw tahu banget, tapi dianya udah balik duluan).
Acara hari ini ditutup dengan pembentukan jargon oleh Ucup. Jargon yang pendek, yang asiklah kalau dibuat asik-asikan. Bunyinya kurang lebih,
Siapa kamu? Gadjah mada!
Gadjah Mada? Siapa Kamu!

Jumat, 4 Mei 2012
Acara awal dari teleskop yang gw gak bisa ikut, gara-gara ada praktikum. Tapi, yang paling penting adalah acara malamnya. Yaitu latihan nari. Sumpah, gw bener-bener gak ada luwes-luwesnya sama sekali pas nari. Tapi, gw bener-bener berusaha biar sedikit bisa nari. Setidaknya, karena gw memegang jabatan jadi ketua.
Dan sejak hari jumat itulah, gw selalu balik dari kampus minimal jam 8 malam.
Sabtu, 5 Mei 2012
Hari kedua acara teleskop. A little bit boring. Semuanya acara dalam ruangan. Dan pada hari itu, gw telat datang. Dan telatnya Cuma 3 menit. Mungkin sedikit gak hoki lebih tepatnya. Dan yang pasti, gw bener-bener gak dalam mood pas hari itu. Masalah pertama datang pas gw ditanya kenapa name tag teleskop warnya kayak gitu (FYI, warna name tagnya gradasi oranye putih). Gw jawab aja sekenanya, itu merupakan filosofi matahari terbit. Bener-bener kacaulah pokoknya cara jawab gw.
Gak mood nya gw terbukti dengan gw udah ngantuk sejak materi pertama. Gw bener-bener menunggu waktu istirahat. Selain karena udah males, juga karena harus nganterin stop kontak yang bakal dibuat pelatihan autocad. Bahkan, gw keluar ruangan pas materi kedua buat sholat duha di mustek ama temen gw.
Materi habis sholat zuhur dibawain ama motivator yang pernah ngisi pas acara fdk. Pas sesi inilah gw secara tidak disengaja disuruh ngomong make bahasa arab. Alhamdulillah, untung kata yang disuruh diucpain masih gw inget. Dan di sesi inilah gw kenalan ama anak-anak yang lain. And you know what; I just knew that a sentence that someone said can make you cannot sleep well in the night.
Acara hari ini juga ditutup dengan gladi bersih dari pertunjukan APSI gw.
Minggu, 6 Mei 2012
Last day of Teleskop 2011. Acara yang pertama adalah survival. Dimana gw dan kelompok gw tanpa dibekali uang sepeserpun, bagaimana caranya harus sampai ke alun alun utara tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Planning awal gw adalah minjem sepeda kampus. Gw sama sekali gak kepikiran buat minjem motor dari awal. masalah datang ketika gw gak dapet pinjeman sepeda kampus yang memadai. Mulailah “thowaf” dari teknik, fmipa, teknik lagi, hingga akhirnya ke rektorat. Dan puji syukur, pas di rektorat itulah keajaiban terjadi. Datanglah dosen dari jurusan TF yang ternyata juga pengurus sepeda kampus. And finally, we got all we need. Gw yakin semua anggota gw udah panik. Termasuk pemandu gw. Tapi, gwnya masih tetep aja santai. Karena, prinsip gw, buat apa dibikin stres. karena justru akan membuat semua hal menjadi jauh lebih berantakan. Dan sebuah keajaiban pula akhirnya gw bersama kelompok berhasil melewati satu demi satu pos-pos hingga sampai jugalah di alun-alun utara. Sebuah kepuasan muncul ketika gw ngeliat pos terakhir. Dari yang awalnya berasa gak mungkin banget buat nyampe di pos terakhir, ternyata bisa juga. Dengan hanya menggunakan sepeda bukan sepeda motor, kelompok gw bisa on time di pos terakhir. Bahkan bersamaan datangnya dengan kelompok lain yang menggunakan sepeda motor.
Finally, kelompok gw dateng terlambat 2 jam dari jadwal yang seharusnya. Dan ketika kelompok gw dateng, APSI ternyata sudah dimulai. Salutlah buat teman-temang yang lain tentang APSInya. Tapi, tetap sajalah APSI kelompok kami yang membuat benar-benar merasa puas. Selain paling beda dari yang lain, juga karena itulah pertama kalinya gw nari. Meskipun berantakan, tapi gw bener-bener puas.
Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik dan kelompok terbaik. Dan ternyata, gw bukanlah yang terbaik di acara tersebut. Kelompok gw juga bukan yang terbaik. Tapi, buat gw sebagai ketua kelompok, kelompok gw lah yang paling baik. Dan ternyata, menurut pemandu gw, memang seharusnya kelompok gw lah yang terbaik. Kelompok gw memiliki nilai 4 poin lebih tinggi dari kelompok yang dinobatkan sebagai kelompok terbaik. Satu-satunya penyebab kekalahan kelompok gw adalah keterlambatan hingga 2 jam dari jadwal pada saat survival. Tapi ya sudahlah. Gw tetap merasa puas dan bangga terhadap kelompok gw. Di sini gw juga mau ngucapin terima kasih utamanya buat anggota kelompok gw, Zofron, Ucup, Purna, Ara, Hilmi, Yusva, Ria, Rahmadi, dan Yoga, serta pemandu gw, Kak Reza, atas segala bantuan dan supportnya dalam mendukung gw sebagai ketua kelompok kalian. I’m proud of you all, and I’m nothing with you all!
Terlepas dari hasil acara tersebut, sepertinya gw mulai menemukan style gw kalau gw harus mimpin suatu kelompok. Semoga hal tersebut cocok kalau gw diamanahin buat mimpin acara lain lagi. Amiin

Leave a Reply

