Book, another world of me

Salah satu hobi gw kalau ada waktu luang adalah baca buku. Dan buku favorit gw adalah buku berjenis novel. Gw bisa rela menghabiskan satu buku hanya dalam beberapa jam saja. Bahkan, terkadang dalam beberapa jam saja gw bisa mengkhatamkan dua buku novel sekaligus. Kalau boleh dibilang sih tipe membaca gw adalah scanning, bukan skimming. Walhasil, gw bisa cepet paham alur sebuah novel, tapi gw gak terlalu hafal sama detail dari novel tersebut (misalnya nama tokoh dan lain sebagainya).

Kenapa gw memilih novel sebagai buku favorit gw? Entah kenapa gw bisa mendapat passion dari hal itu. Gw bisa merasa menjadi orang lain, terbebas dari suatu kepenatan, dan yang paling gw suka adalah gw bisa merasakan secara imajinatif tentunya alur, keadaan, bahkan perasaan dari tokoh dalam novel tersebut. Dan boleh percaya atau tidak, terkadang hal itu bisa terbawa dalam dunia nyata sekalipun. Tentunya bukan dalam arti sebenarnya. Namun, semangat dan perasaan yang dialami si tokoh dalam novel bisa jadi akan dirasakan kita juga. Maka tak jarang jika ada orang yang langsung menangis begitu menyelesaikan sebuah novel.

Lalu, kenapa tidak buku-buku yang lain? Gw sendiri juga menyukai buku-buku yang menceritakan sebuah sejarah atau biografi dari seorang tokoh. Sementara buku-buku yang lain yang bergenre lebih “berat”, bukannya tidak suka, namun terkadang ada sedikit kemalasan untuk menyelesaikan buku itu.
Ada beberapa buku yang gw baca berulang-ulang. Selain karena gw lagi gak ada buku bacaan yang lain, juga karena isinya bagus (menurut gw sih). Diantaranya adalah

1. Negeri 5 menara
Buku yang gw khatamin hampir 5x lebih selama gw di IC. Selain karena kehidupan gw di IC yang gak beda jauh dengan setting cerita dalam novel, juga terkandung makna besar yang terkandung dalam novel itu. Bahwa, sesuatu yang sudah kita niatkan secara sungguh-sungguh dengan niat yang baik, insya allah akan berakhir manis untuk kita.
Man jadda wa jada.

2. Ranah 3 warna
Lanjutan dari buku ranah 3 warna. Ini adalah salah satu novel pertama yang gw beli ketika novel ini baru rilis kurang dari seminggu. Alias fresh from the oven. Berbeda dengan buku negeri 5 menara, buku ini lebih kompleks. Karena menceritakan dunia kemahasiswaan yang penuh liku dan tantangan. Dan buat gw, buku ini sangat relevan dengan apa yang gw alamin saat ini. satu hal penting yang gw catat, kesabaran dan ketekunan adalah modal penting dalam menjalani sesuatu. Dan apabila kita udah terlanjur melakukan sesuatu hal, maka lakukanlah dengan baik hingga pekerjaan itu selesai.
Man shabara zhafira.

3. Cheers UK!
Buku yang gak sengaja gw beli di salah satu toko buku. Gw suka sekali dengan buku-buku yang menceritakan dunia travelling. Apalagi yang menceritakan eropa dan jepang. Dalam buku ini, gw bisa merasakan indahnya, ribetnya, serta mahalnya kehidupan di Inggris Raya tanpa gw harus pergi kesana. Moga gw bisa ke sana as soon as possible. Amiin

4. 5 cm
Buku yang sedikit banyak merubah citra pandang gw terhadap Indonesia dan sebuah persahabatan itu sendiri. buku yang membuat gw lebih mencintai apa adanya dari Indonesia. Serta buku yang membuat gw lebih berani membuat mimpi yang lebih tinggi akan suatu hal. Salah satu buku yang membuat gw bergetar ketika membaca endingnya. Bagaimana begitu susahnya mencapai puncak dari mahameru dan diakhiri dengan upacara bendera merah putih tepat pada tanggal 17 Agustus

5. 2
Ini adalah buku yang baru gw baca sekitar dua hari yang lalu. Sederhana namun mengena. Menceritakan bagaimana seorang anak berusaha untuk mencari hidup (dalam arti sebenarnya) dan rela berjuang habis-habisan untuk kebanggan dirinya, kebanggaan orang tuanya, kebanggaan orang yang dicintainya, dan tentunya kebanggaan Indonesia. From zero to hero. Salah satu quote yang paling gw suka adalah, jangan pernah meremehkan kekuatan impian manusia. Karena tuhan pun tak pernah meremehkannya.

6. Ketika jemariku menari
Buku yang menceritakan sisi lain dari seorang Bambang Pamungkas. Bukti seorang Bepe yang nasionalis dan loyal akan klubnya. Sebuah buah karya yang terkadang membuat gw merasa belum memberikan sesuatu untuk Indonesia, dan terus memacu gw untuk terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik

7. Sang penandai
Salah satu buku karangan awal dari tere liye. It’s not the ordinary love novel. Karena disini kita belajar mencintai dan dicintai apa adanya dan tidak bisa tergantikan oleh apapun. Meskipun dalam keadaan yang lebih baik.

8. NFQ
Buku yang ditulis oleh salah satu alumnus IC. Sebuah buku yang sangat inspiratif. Sebuah buku yang menceritakan bagaimana kekuatan dari sedekah benar-benar terjadi bahwa Allah akan menggantikan barang yang kita sedekahkan dengan sesuatu yang lebih baik. Sebuah buku yang sangat layak dibaca dan cocok untuk menghadapi problematika bangsa ini yang menurut gw salah satunya adalah kurangnya keinginan yang tulus untuk bersedekah dalam bentuk dancara apapun.

9. Sepatu dahlan
Sebuah cerita yang sederhana namun bermakna sangat dalam. Jangan mencari kekayaan, namun jangan pula takut miskin. Sebuah filosofi hidup yang andaikan digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, niscaya tidak ada lagi yang namanya korupsi di bumi Indonesia. Sebuah cerita perjuangan untuk mencapai sebuah kegemilangan. Satu hal lagi, apabila kita terus berbuat baik, insya allah Allah akan memberikan bonus yang tak akan pernah kita duga sebelumnya

Terakhir, don’t judge from the cover of the book. Because you will see more from the inside and you will not know what will happen later to you and around you

2 Comments

  1. bener banget Dib, gw juga sering terbawa & ngrasain semangat dan sikap tokoh di novel yang gw baca….

    eh, denger-denger novel ke-3 dari trilogi negeri 5 menara udah keluar lho….

    Reply

Leave a Reply

