Brebes Part 2

Akhirnya gue bisa ngelanjutin buat nyeritaan pengalaman gue dalam surveyor beberapa bulan yang lalu. Sekarang kita lanjut lagi ya ke minggu ke 2 dari penjelajahan Brebes. Kondisi gue jauh lebih baik dibandingkan pas ke Brebes pertama kali. Gue udah fit, dan gak tersiksa dalam kondisi sakit. Satu hal yang membuat gue agak berat ke sana adalah kondisi gue yang habis UTS. Ya bisa dibilang kondisi gue agaks edikit down. Gimana enggak, 80% UTS gue gak ada yang yakin pas ngerjainnya. Ya bisa dibilang gue berangkat ke Brebes sekalian buat ngilangin kepenatan UTS.

Berangkat ke Brebes masih sama kayak sebelumnya. Touring 10 jam kesana. Tapi sekarang lebih asik. Ya, kita kan sama sekali gak ngejar waktu. Jadinya kita berhenti dulu ke Magelang bentar buat sarapan, terus mampir dulu di Semarang buat makan siang ama istirahat bentar di Masjid Agung Semarang. Mampir juga ke Undip bentar, dan akhirnya bablas sampai Tegal dan Brebes. Yang pasti biar kita juga gak terlalu capek gara-gara berangkat. Kita juga sempat ngerasain buat istirahat di Pom Bensin MURI. Widih, mantap tuh pom bensin. Kamar mandinya bersih, ada marketnya, sampai-sampai kita sempet mandi bentar di sana. Puaslah pokoknya.

Untuk sekarang, tim dibagi menjadi 2. Ada tim jauh dan tim dekat. Tim jauh gak terlalu banyak daerah yang disurveynya. Tapi medannya jauh banget. Kalau yang tim dekat sebaliknya. Gue sendiri tergabung dalam tim jauh. Widiih, jauh banget pokoknya. Udah gitu ada yang medannya parah banget. Seriusan dah pokoknya. Ada yang jalanan hampir 5 km rusak banget. Terus ada yang medannya nyiksa motor banget. Tapi secara keseluruhan sih lebih asik dari pada pas trip yang minggu pertama.

Ada beberapa hal yang gue temuin selama gue jadi surveyor di Brebes:
1. Tim brebes adalah tim paling eksklusif. Gimana enggak, kita nginep aja di hotel. Wkwkwk. Mulai dari hotel yang sekamar sampai 6 orang di Bumiayu, sampai hotel ber-AC yang satu orang bayar 95000. Pas tim lain pada numpang dimana gitu, kita malah tidur di hotel. Prinsip kita sih, tidur enak, kerja pun enak. Hahaha
2. Motoran PP Brebes-Jogja. Sekalinya gue motoran jauh, gue langsung ke Brebes. Tapi asik juga lho, bisa motoran via Pantura yang selama ini gue cuma lewat naik bis, eh ini naik motor.
3. Ada rekomendasi tempat makan yang enak. Di Bumiayu, ada rumah makan namanya Ayam Goreng Palasan. Tempatnya sih biasa aja. Tapi enak banget ayamnya. Kata kakak kelas gue sih, semua tamu yang ke PLN Bumiayu pasti minta dianter ke rumah makan ini. ciri-cirinya, kalau dari arah Bumiayu yang ke arah Paguyangan, rumah makannya ada di sebelah kanan jalan.
4. Sempet pingin baget makan sate kambing muda khas Tegal, eh gak taunya salah tempat. Gue agak lupa sih dimana tempatnya. Secara gue terakhir makan disana pas SD.
5. Ada satu spot tempat yang keren banget. Namanya Dawuhan. Tempatnya itu adem dan masih asri. Satu hal yang langsung kepikiran adalah, kayaknya nih tempat asik buat dijadiin tempat KKN. Wkwkwk.
6. Poin ini adalah poin yang sebenernya gak pingin gue tulis disini. Ya, pas gue di Brebes jugalah, gue denger kabar pertama kali kalau salah satu anggota dari angkatan gue ada yang meninggal dunia. Ya, dia adalah almarhumah Novi. Gue sendiri awalnya sama sekali gka percaya. Tapi, ternyata beneran dia. Yang bisa gue lakuin cuma berdoa, semoga segala amal ibadah Novi diterima di sisi Allah dan ia ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Yap terakhir, perjalanan gue ke Brebes bukan cuma sekedar surveyor biasa. Tapi, juga perjalanan hidup dimana gue bisa mengetahui realitas dari kehidupan masyarakat. Semoga perjalanan ini bisa bermanfaat untuk gue kedepannya. Aamiin

I am awake and alive
There is something calling me
More than a moment in time
It’s a dream I’m following on my own
(On my own) On my own
More than a moment in time
It’s a life of leaving home
(yellowcard – Life of living home)

Leave a Reply

