Haruskah menghalakan segala cara?

Entah kenapa gue merasa miris ketika udah pada jenjang kuliah di universitas yang katanya termasuk yang paling bagus di Indonesia masih aja ada yang menggunakan cara-cara yang gak bener pas ujian. Gampangnya sih, nyontek. Ya, entah karena udah kepepet atau emang butuh nilai bagus atau emang iseng, masih ada yang make cara itu pas ujian. Gak frontal sih, tapi kelihatan.

Menurut gue, kalau di universitas aja udah berani nyontek, gimana ntar kalo pas udah kerja. Udah pasti bakal lebih parah tuh. Dan ending-endingnya udah kelihatan. Ya, korupsi. Mau jadi apa bangsa ini kalau anak mudanya udah kayak begini. Padahal cuma ujian lho. Apa sih gunanya kalo dapet nilai bagus? Bisa bangga gitu? Apalagi kalau ngedapetinnya udah dengan cara yang gak bener. Gue yakin, kalau orang tua kita dan semua guru yang telah mengajarkan kita akan nilai kejujuran tahu akan hal ini, bukannya bangga, tapi pasti mereka akan menangis. Seakan-akan apa yang telah mereka ajarkan sia-sia aja gak ada gunanya. Padahal kita kuliah buat nge-bahagia-in siapa? Orang tua kan?

Jadi, haruskah kita menghalalkan segala cara cuma untuk membuat orang tua kita menangis? Renungkanlah kalimat ini kawan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s