Representasi bukan Delegasi

Indonesia don’t need new engineer, but new innovator for bringing the future (Nokia developer)

Gue mau cerita dikit tentang lomba yang bakal gue jalanin 4-7 Desember nanti. Yap, nama lombanya adalah BES-SEC Design Award 2013. Itu adalah ajang kompetisi internasional pertama yang gue ikutin secara langsung. Disini kita bakal mempresentasikan paper yang udah dimasukin sebelumnya sekaligus mendemonstrasikan alatnya jika sudah ada.

Oh ya, pasti banyak yang tanya. Kok bisa alat gue lolos ke kompetisi ini. Lha wong lolos ke pimnas aja gak masuk kan. Haha. Sebenernya gue sendiri juga bingung kok bisa lolos. Apalagi kalo dilihat regulasinya, pesertanya kan bukan Cuma skala perguruan tinggi di Indonesia aja. Tapi udah dunia. Bayangin aja betapa kagetnya gue kok bisa lolos. Haha.

Dan ternyata daftar peserta di finalnya sudah diumumin lho. Penasaran? Nih gue kasih lihat sapa saja;

1.      Design an infection screening system based on multiple vital-signs for prevention of pandemic diseases in developing countries

Guanghao Sun, Kohei Nozaki, Yosuke Nakayama, Chris Chen, Akiko Ueda

Tokyo Metropolitan University, Japan

2.      Real time Patient monitoring system with Filter Bank and Fuzzy Classification Approach to Critical Cardiac Abnormalities Detection

Uvais Qidwai, Mohamed Shakir

Qatar University, Qatar

3.      Low cost compact CCD miscroscope for vision based blood screening with microelectrophoresis system

Boon Yew Teoh

University Tunku Abdul Rahman, Malaysia

4.      Design of a Paper-Based Micro-Viscometer for Blood Plasma

Zi Ai Chew, Brandon Bao Sheng Yew, Hsin Yao Chiu, Dorothy Shuzhen Neo     

Department of Bioengineering, National University of Singapore, Singapore

5.      Design and Implementation of a Calibration-Free Pulse Oximeter

Harini Harinarayanan, Krithika L.S., Shalini M., Sirisha Swaminathan

Amrita Vishwa Vidhyapeetham, India

 6.      Integrated Robotic Navigation White Cane for Visually Impaired People

Muchammad Adib1, Muhammad Diba Azmi Syarif2, Yuliana Cahya Nuraini3

1Universitas Gadjah Mada, Indonesia; 2Universitas Gadjah Mada, Indonesia; 3Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Ngeri-ngeri semua kan judul-judul nya. Kayaknya justru punya gue yang paling simpel. Dan gue justru semakin curiga kenapa gue bisa lolos. Hehe

Oh ya, gue gak mewakili Indonesia sebagai delegasi lho. Solanya kalo gue ngewakilin Indonesia sebagai delegasi, tentunya gue gak bakal pusing-pusing ria mikirin duit atau bahkan gak usah pusing mikirin UTS. Tapi karena diantara 6 peserta yang lolos itu Cuma tim gue yang dari Indonesia, secara gak langsung gue bawa nama Indonesia kan. Ya doain aja bisa membawa nama harum Indonesia di ajang ini. Aamiin.

Mohon  doa dan dukungannya yaa🙂

Leave a Reply

