Untold Story

Di suatu sore yang indah, tiba-tiba gue mendapatkan telepon dari sebuah media cetak ternama di dunia. Di seberang telepon bertanya, apakah gue punya waktu untuk diwawancarai. Gue jawab aja, ada sih. terus ia balik bertanya, apakah bisa di Venice wawancaranya. Dan gue jawab, maaf gue gak bisa kalo wawancaranya di Venice. Karena gue sedang ngurus KP. Akhirnya, draft pertanyaannya dikirim via email. Gue gak tau apakah hasil wawancaranya sudah diterbitin apa belum. Ya, kurang lebih kayak begini sih isinya:

Media (M)          : Halo Adib, apa kabar?

Adib (A)         : Alhamdulillah, baik

M            : lagi sibuk kkn ya?

A             : udah beres kok KKN-nya. Ini lagi prepare buat KP

M            : oke, langsung ke pertanyaannya aja ya.

A             : yoi, siap

M            : kamu KKN dimana?

A             : di Selo, di kaki gunung merbabu dan merapi

M            : di sana, bagaimana kondisinya?

A             : dingin banget. Pernah suatu malem suhunya bisa nembus 11 derajat

M            : seriuuus?

A             : serius coy

M            : disana berapa orang KKN-nya?

A             : 25 orang seunit

M            : itu sepondokan?

A             : yoi. Kita seunit sepondokan

M            : makannya?

A             : kita make catering. Pas puasaan kita catering sama warung, pas abis puasaan kita catering ama  warga

M            : kok ganti?

A             : karena cita rasa yang kurang sesuai ama harga, jadinya kita ganti deh

M            : makanan favorit dari catering?

A             : cap jay, terus sambel kelapa yang dicampur teri (gue gak tau itu kelapa apa bukan), terus semua makanan yang dibawain ama anak-anak. hahahah

M            : apa hal yang paling susah ditemuin disana? Makanan?

A             : weits, salah. Yang paling susah ditemuin itu air

M            : lho, air? Kan tempat KKN-nya di kaki gunung kan?

A             : nah, itu dia masalahnya. Meskipun tempat KKN-nya di kaki gunung, tapi air menjadi hal mewah

M            : wah kalo gitu, jarang mandi dong?

A             : mmm, dibilang jarang sih enggak. Palingan dua hari sekali baru mandi. Hahahah

M            : rekor paling lama gak mandi?

A             : paling lama, 4 hari sekali. Hahahha. Tapi ada yang 5 hari sekali

M            : kok bisa?

A             : berhubung tempatnya dingin pol, berasa di eropa, jadinya ya gak keringetan deh. Terus pas mau mandi, eh ada aja kegiatan yang mempersulit gue mandi. Sekalinya longgar, pas malem. Dan itu mager banget buat naik motor ke masjid buat mandi. Hahahah

M            : oh gitu. Ok, next question. Apa momen paling menyenangkan selama KKN?

A             : bisa ketawa bareng pas makan malem, rebutan makanan, karaokean bareng, terus bisa ketawa bareng warga pas acara agustusan, and so many more. Mungkin kalo gue tulis disini, kepanjangan jadinya. Hahaha.

M            : kalo momen paling menyebalkan?

A             : pas kerja keras kita gak dihargai. Terus, pas ada selentingan yang menyangkut pribadi (ya, sebut saja mengenai masalah jurusan kormanit). Ama kalo pas lagi kita seneng-seneng bareng, tiba-tiba ada panggilan mendadak dari pihak ketiga buat koordinasi. Yang perlu digaris bawahi itu mendadak lho yaa.

M            : wah itu yang pertama seriusan?

A             : ciyus dah. Kagak boong keles. Hahahahha

M            : terus momen paling mengharukan?

A             : yang pertama, pas perpisahan SD. Itu guru-gurunya sampe berkaca-kaca coba. Terus, pas perpisahan unit sebelum cabut ke jogja. Terakhir, pas di jalan mau balik ke jogja trus papasan ama warga. warganya sambal nyalamin kita, sambil nangis gitu.

M            : mau KKN lagi?

A             : mmm, kalo KKN yang gak ada embel-embel administrasinya bolehlah dipikirin. Tapi kalo ada administrasi yang beribet, mah ogah

M            : orang paling menyenangkan selama KKN?

A             : semua menyenangkan kok :3

M            : yang paling nyebelin?

A             : mmm, gak ada sih kayaknya

M            : apa yang bakal paling dikangenin dari Selo?

A             : keramahan warga, dinginnya Selo, ama terakhir paronama view yang keren

M            : tempat nongkrong favorit?

A             : bakso botik. Hahhaha no choice meen.

M            : udah punya pacar atau malah cinlok disana?

A             : udah punya pacar kok. Hehehe

M            : si doi KKN dimana?

A             : KKN di kep. Seribu

M            : wah jauh juga ya

A             : jauh banget nget nget. Dipisahkan oleh lautan meen dan dipisahkan pula oleh sinyal in***dosat

M            : kangen gak selama KKN?

A             : kalo ada level diatas banget, pasti itu yang gue pilih. Hahahah.

M            : abis KKN sempet ketemuan?

A             : gak sempeet😦. Doi baru balik KKN tanggal 30. Tanggal segitu gue udah di Jakarta.

M            : gak ada rencana mau balik YK dulu?

A             : wacananya sih ambil weekend terakhir bulan September. Jangan ngomong-ngomong dulu yak. Biar surprise. Wkwk. Ya, semoga wacana bukan sekedar jadi wacana. Hehe

M            : oke, semoga wacananya terwujud yak. Oke, next question. Apa penyesalan terbesar selama KKN?

A             : gak bisa berkontribusi maksimal di masyarakat. Utamanya karena gue anak teknik, tapi gak terlalu bisa mecahin masalah air

M            : last question. Apa kesan kamu buat unit KKN kamu?

A             : mm, apa ya. Mungkin ini bisa sedikit menggambarkan. I might not the best leader you’ve already had, but for me, this unit is my best team I’ve ever had.

M            : oke, terima kasih buat wawancaranya. Sukses buat cita dan cintanya

A             : yap, terima kasih kembali🙂

 

 

 

 

 

Nb          :

  1. wawancara di atas gabungan antara fiktif dan kenyataan
  2. terinspirasi oleh wawancara yang dilakukan salah satu media nasional ke gue pas KKN (kalo ini beneran, tapi topiknya bukan soal KKN. Hehehe) dan beberapa artikel di buku Bambang Pamungkas, one of my idol
  3. apabila ada kesamaan nama dan peristiwa, itu memang disengaja oleh penulis
  4. Cheers!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s