Internship Day

Jumat kemarin menandakan telah 2 minggu gue ngelakuin internship di PT Boehringer Ingelheim Indonesia di Bogor. Ada yang belum tau perusahaan itu? Boehringer Ingelheim (BI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi. Induk dari perusahaan ini sendiri berada di kota Ingelheim, Jerman. Kata mentor gue, 40% dari kota Ingelheim adalah bagian dari BI. Jadinya, hampir setiap ketemu orang di kota itu ya karyawan dari BI.

Banyak banget pengalaman yang udah gue dapetin selama 2 minggu ini. Magang di perusahaan multinasional seperti BI membuat gue banyak belajar. Baik teknis maupun non teknis. Teknis tentu berhubungan dengan penerapan apa yang didapat di kuliah, untuk diterapkan di lapangan. Sementara non teknis berhubungan hal di luar itu semua.

Berbicara mengenai teknis, tentu gak bisa dilepaskan dengan konsentrasi gue di bidang power system. Di awal gue dibebaskan memilih topik manapun. Berhubung gue bakal 2 bulan disini, gue bilang aja, apa yang bisa dikerjain, bakal kita kerjain. Sok sokan banget yak. Haha. Tapi itu semata-mata agar gue bisa maksimal dalam belajar selama internship ini. Tentu dengan batasan kemampuan dan kompetensi kita. Ya ibarat kata, jangan sampe 2 bulan ninggalin yang di yk, pulang gak bawa apa-apa.

Hari pertama masuk, gue bersama temen temen yang kebetulan juga magang di situ mendapatkan materi induction. Ibarat kata, pengenalan mengenai perusahaan. Oh ya. Kebetulan gue bareng ama nanang dan 2 temen baru dari trisakti. Seharian tuh pengenalannya. Dan sehari itu ternyata masih belum beres. Kayaknya sih biar kita bener bener paham ama seluk beluk perusahaan ini. Kita juga diajak ke bagian pembuatan obat. Harus make baju khusus kalo kesitu. Yang pasti rambut harus tertutup, trus baju kita juga dilapisi ama baju khusus, dan sepatu kita pun juga dipakein kayak pelindung gitu. Ibarat kata, meminimalisir bakteri yang masuk ke tempat produksi. Karena gue anak teknik, pas masuk kesana concern gue ya ke bagian mesin mesinnya. Satu hal yang gue bener bener kepikiran adalah, dengan mesin sebanyak itu dan produksi 24 jam, gimana bisa mempertahankan kehandalan listrik. Kan kalo ada gangguan bakal keganggu tuh produksi. Ya meskipun gue juga udah tau jawabannya, tapi tetep aja ada sebuah rasa exciting tersendiri kalo mikirin itu. Haha

Hari kedua, gue mulai masuk kantor secara normal. Ceilah bahasanya. Hahaha. Gue mendapatkan tugas buat mempelajarin tentang boiler. Yaudah tuh seharian belajar boiler terus. Dari sistem kerjanya gimana, sampe macem macemnya apa aja. Oh ya kelupaan. Gue ditempatin di departemen project management. Boleh dibilang ini pengaplikasian psli banget. Departemen ini adalah core dari perusahaan ini untuk beberapa tahun kedepan. Tentu dengan beberapa departemen lain yang terkait. Departemen ini punya tujuan besar, pada 2020 produksi dari pabrik meningkat 2x lipat. Dan untuk mencapai target itu, departement inilah yang merancang melalui proyek proyek kecil. Jadi, jangan kaget kalo semua orang disini super super. Super sibuk, dan super kerenlah pokoknya. Kalo departemen lain jam 16 30 udah pulang, jangan kaget kalo jam segitu departemen ini masih meeting. Oh ya. Departemen disini pimpinannya namanya pak handri. Terus ada mas odik, mas tias, mbak eci, dan mbak tanti. Oh ya. Ada kebiasaan bagus dari departemen ini. Kalo pagi, jam 8 kita bakal meeting pagi. Isinya menjelaskan apa yang bakal dikerjain seharian nanti. Itu membuat gue harus belajar membiasakan diri untuk selalu punya target yang harus dipenuhi selama hari itu.

Hari ketiga, gue dapet kerjaan lagi. Gue disuruh bikin desain p&id dari boiler room. Meskipun ini bukan kerjaan anak power, tapi gue inget kata kata pak Yusuf. Kata beliau, anak power mesti paham tentang p&id. Ya menurut gue salah satu caranya adalah dengan membuatnya langsung. Daan, itu tidak semudah apa yang gue bayangkan -,-. Bahkan banyak bentuk valve yang gue gak ngerti bentuk aslinya. Dan mau gak mau gue harus belajar lagi. Untunglah udah selesai itu desain. Dan kata mentor gue (mas odik) ternyata hasilnya bagus. Alhamdulillaaah. Dari situ aja gue udah dapet pelajaran baru buat bikin p&id. Tentu selain harus belajar tentang p&id-nya, gue juga harus melatih skill drafting gue di autocad. Satu hal yang emang pingin gue latih selama ini.

Dan sekarang gue ada tugas lagi. Yap, rencananya sih mulai senin besok gue bakal mengamati peralatan listrik di pabrik. Kayak trafo, switchgear, sampe kabelnya. Nanti dicek bagaimana kualitasnya. Mengacu ke standar yang ada. Ya tentu aja cuma bisa secara visual. Kan gue juga terbatas kemampuan dan alat yang digunakan. Dan fyi aja, pekerjaan kayak gitu ternyata harganya mencapai ratusan juta lho. Ya semoga aja lancar deh. Nanti kalo ada tugas baru, pasti bakal gue post disini juga. Hehe

Dan beralih ke non teknis. Kultur kerja disini menurut gue sangat asik. Sebagai perusahaan multinasional, pendekatan yang digunakan sedikit berbeda dari perusahaan nasional. Itu kata mas odik lho. Katanya kalo di perusahaan multinasional, senioritas gak terlalu dipikirin. Jadi jangan kaget kalo ada bos yang sering ikut pulang malem, sering ikut ngobrol ama karyawannya, dsb. Gue gak tau sih kalo di perusahaan nasional gimana. Karena gue belum pernah ngerasain. Hehe. Kalo ada yang tau bisa dishare disini lhoo. Terus seperti yang udah gue singgung tadi. Disini gue belajar banyak mengatur targetan gue selama sehari itu. Dan menurut mentor gue, yang paling menyenangkan adalah saat ketika kita bisa mencoret to do list kita. Tanda itu telah selesai. And, it’s a fact guys. Cobain deh. Iseng iseng aja mulai dari 1 agenda. Dan rasakan sensasinya. Dan masih banyak hal lain yang gue pelajarin disini. Dan pada akhirnya, gue merasa apa yang gue dapatkan di kuliah sangat sedikit banget. Kalo kata mas odik gini, dunia kerja itu gak berlawanan dengan dunia kuliah. Tapi di dunia kerja, semua hal tidak semudah mengerjakan soal di ujian. Kalo buat gue sih gue rubah dikit. Gak semudah membaca soal di ujian. Hahaha.

Yosh, masih banyak orang hebat dan keren di sini yang bisa gue serap ilmunya. Bismillah, semoga mendapat banyak ilmu dan pengalaman disini. Aamiiin

 

 

Leave a Reply

