Iseng-iseng

Siapa sangka kalo berawal dari hobi iseng gue nyoba-nyoba software bisa bermanfaat pas gue KP. Yap, semua berawal dari iseng dan penasaran. Meskipun software yang gue mainin bukanlah software core dari jurusan gue. Gue sendiri sejujurnya kaget kalo itu semua kepake pas gue KP.

Software pertama adalah flash. Dulu, waktu gue SD gue selalu terkagum-kagum ngeliatin orang yang presentasi make flash. Kesannya itu ajib banget. Ada sesuatu yang lain kalo ngeliat presentasi yang make flash dibanding yang make power point biasa. Mungkin pas itu masih power point 2003 sih. jadi masih yang jadul. Pas jaman itu flash juga masih punyanya micromedia, belum dibeli sama adobe. Dari situ gue pertama kali tertarik ama yang namanya flash. Dan baru keturutan pas di IC. Karena ketemu banyak master IT kayak faiz ama bay, gue pun akhirnya bisa iseng-iseng nyobain flash. Kalo gak salah pertama kali gue make flash itu bikin buat presentasi di pelajaran fiqh atau apa ya. Lupa gue. Hahaha.

Yang kedua itu autocad. Pas kecil juga, gue sering ngeliatin paman gue bikin sketsa bangunan make autocad. Kayaknya keren banget bisa bikin gituan. That’s why I want to be civil engineer when I was child. Dan akhirnya kesampean juga nyobain autocad pas di kuliah. Di teti sendiri gak ada pelajaran gamtek (gambar teknik), ya jadi harap maklum kalo pas gue bikin awal-awal make autocad bener-bener ancur deh hasilnya. Kagak rapi banget. Ditambah juga, laptop gue masih terbatas kemampuannya pas itu. Yaudah deh, gue pas itu mikirnya yang penting bisa dulu. Hahaha.

Terus,yang ketiga dialux. Yap, meskipun pas dulu mata kuliah instalasi dapet, tapi gue mikir itu Cuma software simulasi biasa. Tapi siapa sangka kalo perusahaan sebesar Philips dan osram juga make itu lho kalo buat simulasi. Bahkan, ketika gue ikut meeting bersama vendor osram, gue diceritain. Ada anak TF ugm, yang ngelanjutin kuliah di ITB. Terus dia jadi master dialux di osram. Dalam hati gue mikir, anak TF aja bisa, masa anak yang pure elektro, power lagi, masa gak bisa. Sejak saat itu gue memacu diri gue untuk nyobain dialux. Meskipun Cuma sekitar 200 MB, tapi sapa sangka, untuk merender simulasi pencahayaan bisa sampe 6 jam. Terus not responding lagi. Sakitnya tuh disini L

Terus yang ke empat. Autodesk inventor. Buat temen-temen dari mesin, pasti udah biasa banget make aplikasi ini. Buat kita anak teti, kita gak pernah diajarin bikin ini. Ketertarikan gue nyoba software ini tuh pas jaman pkm 2013 pas gue bareng ama kak diba, kak afnan, kak hasna, ama Yuliana. Pas itu ceritanya udah ada model alatnya. Dan itu bikinnya make inventor. And it looks cool. Hahaha. Dan kesempatan nyoba tuh software pas ada tugas rekper. Pas gue Tanya ama pak yusuf, apakah gue boleh make inventor, dan ternyata boleh. Yaudah deh gue bikin tugasnya make inventor. Meskipun baru versi cupu banget. Wkwkwk

Dan ternyata, semuanya kepake pas kp. Autocad, jelas. Mulai dari bikin p&id boiler, bantuin bikin RIP (rencana induk perubahan) pabrik, sampe buat planning di dialux, semuanya make autocad. Dialux? Jelas sebagai alat bantu pas proyek lampu gue. Inventor? Buat bikin ducting pas nyoba tantangan dari mas odik buat flow simulation di HVAC. Disini juga dibantu ama software lain (autodesk flow design). Flash? Gak nyambung banget sama urusan technical sih. tapi flash gue pake buat bikin simulasi proses di rancangan pabrik baru.

Jadi kesimpulannya adalah, jangan pernah remehkan hobi iseng kita. Udah banyak bukti kan gimana berhasilnya suatu produk yang berasal dari keisengan pembuatnya. Atau beberapa hukum fisika juga berasal dari sesuatu yang tidak sengaja kan. Bisa jadi rezeki kita itu berasal dari keisengan kita. cheers

2 Comments

    1. halo. jadi, karena gue teknik, gue masuk di departemen project. ya, jadinya gak ada judul khusus. soalnya, dari awal dateng dikasih tau ama mentor, tersrah mau ambil data apa.
      tinggal hubungi hrd. kalau bisa dari mib 3 bulan sebelumnyam soalnya rame yang daftar

      Reply

Leave a Reply

