Skripsi, Skripsi, dan Skripsi

Skripsi. Satu kata yang sangat dihindari oleh mahasiswa tingkat akhir. Berada di level yang sama seperti kata pacar,nikah, jodoh, dll. Level yang mana semua mahasiswa tingkat akhir keder terhadap kata-kata tersebut. Namun, kata tersebut sangatlah vital. Tanpanya, seorang mahasiswa tidak dapat lulus dari jenjang perkuliahan. Tanpanya, seorang mahasiswa tidak dapat memakai seragam kebesaran dari wisudawan/wati. Tanpanya, tidak akan bertengger gelar akademis di belakang namanya.

Buat gue, skripsi itu sesuatu banget. Gara-gara skripsi, bulan Maret kemarin gue gak jadi magang di salah satu Business consulting. gara-gara skripsi juga, gue gak jadi magang di salah satu FMCG terbesar di Indonesia bulan ini. Dan juga melewatkan satu kesempatan besar untuk bergabung full-time disana tanpa seleksi lagi. Gara-gara skripsi juga, berat badan gue turun 5 kg. (kalo ini gue setuju banget.wkwk)

Yap, bisa dibilang banyak banget pengorbanan dalam mengerjakan skripsi ini. Begitu juga hambatan dan tantangan dalam proses pengerjaannya. Dan entah kenapa, adaaa aja masalah yang muncul ketika masalah yang lain berhasil diselesaikan. udah berasa kayak Conan, yang setiap kemunculannya selalu bertemu dengan kasus yang harus diselesaikan. mungkin begitu gue beres skripsi, gue bisa beralih profesi sebagai detektif, kayak Conan. hahahha

Skripsi ibarat sebuah masterpiece dari apa yang lo dapet selama perkuliahan. Jadi, buat gue skripsi bukan sekedar mengerjakan aja. Apalagi karena hal-hal yang harus gue korbankan selama prosesnya. Karena pada akhirnya, gue berpikir bahwa pengorbanan tersebut akan sia-sia jika skripsi yang gue kerjakan tidaklah maksimal. Topik yang gue ambil sendiri sebenernya biasa aja. Masalah yang gue angkat juga biasa aja. Tapi ada satu hal yang membuat gue tertantang. Software yang digunakan. Yap, autodesk revit. Sebuah software yang bahkan di dunia pun masih belum banyak yang menggunakan. Apalagi di Indonesia. Padahal tuh software dewa banget. Mau analisis lampu atau pencahayaan? Bisa. Mau analisis energy juga bisa. Mau analisis struktur pun bisa. Ibarat kata powerful engine for creating and analyzing building. Masalahnya, ketika ada permasalahan. Gak seperti matlab, etap, atau software-software lain yang banyak dipakai. Googling pun belum tentu ketemu. Hahaha. Ketika mbah google belum tentu bisa menjawab, maka disitulah sesuatu yang menarik dan menantang itu muncul. Hahaha.

Gue sendiri selalu beranggapan, jika semakin susah suatu permasalahan, akan semakin terasa kepuasannya ketika kita bisa memecahkan permasalahan tersebut. Begitulah dengan skripsi. Semakin kompleks masalah yang kita angkat, akan semakin puas rasanya ketika kita selesai mengatasinya. Mungkin dalam prosesnya kita akan ngerasa nih skripsi susah banget, bisa gak ya dikerjain dan selesai tepat waktu, dan lain sebagainya. Atau dalam kata lain, kita bakal mengalami fase paling down se-down-down-nya. Gue pun juga mengalami itu (dan sering). Namun satu hal yang gue percayai adalah, skripsi itu selalu berakhir happy ending pada waktunya. Hahaha. Tinggal kitanya mau happy ending cepat, santai, atau lama datengnya. Wkwk. tentunya setelah kita berusaha dalam meraih happy ending tersebut. Sebagaimana suatu kutipan dalam anime summer wars, “just like math, we cannot solve problems if we don’t solve that problems by ourselves”

Dan pada akhirnya, para perjuang skripsi. Marilah kita selesaikan skripsi yang telah kita mulai. Seberapapun susahnya masalah yang menghadang, tapi percayalah badai pasti akan berlalu dan kilauan fajar cahaya happy ending akan segera muncul. Wkwkwk. Dan bayangkan bagaimana senyuman di wajah orang-orang yang kita cintai ketika kita membawa kabar gembira kepada mereka, jika kita telah berhasil menyandang gelar di belakang nama kita. Insya allah itu akan menjadi energi tersendiri bagi kita. So, let’s roll guys!!

“kalau Allah kasih kamu suatu masalah, itu berarti kamu aslinya mampu menyelesaikan masalah itu. Cuma butuh sabar, usaha, dan doanya aja yang harus lebih banyak.” Quoted from my chat with someone I love.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s