PPCP PT. Wijaya Karya

Sebelumnya, mari kita bersih-bersih blog ini dulu. Terlalu banyak sarang laba-laba disini. Wkwkwk. Selamat datang kembali di blog gue! Lama tak bersua. Wkwkwk. Terakhir ngepost, status gue masih mahasiswa. Alhamdulillah bulan Agustus kemarin gue sudah melepaskan status mahasiswa s1 gue di UGM. Heheh.

Biasanya, kalo udah selesai pendadaran, yang berkeinginan memasuki dunia kerja pasti akan segera mencari info info kerjaan. Termasuk di dalamnya adalah proses seleksi masuk suatu perusahaan. Kali ini, gue akan sedikit share mengenai proses masuk salah satu BUMN terbesar di bidang kontraktor. Yap, tidak lain dan tidak bukan adalah PT. Wijaya Karya Tbk. (Persero). Kenapa gue menulis ini di blog? Soalnya sepengalaman gue, susah banget nyari infonya di internet -_-. Sekalinya ada Cuma di forum-forum, seperti kaskus. So, daripada banyak basa-basi, mari kita mulai.

  1. Seleksi administrasi

Tahap paling pertama adalah seleksi administrasi. Biasanya seleksi awal akan dibantu oleh pihak ketiga. Kalo pas gue dulu, yang membantu prosesnya adalah ECC UGM. Jadi, yang harus dipersiapin disini, update dulu akun profile lo di portal career tersebut. Pastikan status lo udah lulus. Meskipun lo belum wisuda, itu gak masalah. At least, udah pendadaran. Tapi, sepengalaman gue sharing sama temen-temen, Wika mau nungguin proses akademik lo kok. Misalnya pas tes itu lo udah di tahap skripsian. Jika lo emang layak direkrut WIka, pasti ditungguin sama Wika. Tapi ya lebih aman kalo lo udah pendadaran sih.

Terus update juga info profil lainnya. Kayak IPK, toefl, dan lain-lain. Oh ya, hasil seleksi administrasi biasanya keluar sekitar seminggu dari penutupan pendaftaran. Dan beberapa hari kemudian langsung lanjut ke fase selanjutnya

  1. Tes Psikologi

Tahap ini adalah tes psikologi pada umumnya. Ya, biasalah kayak tes psikologi biasanya. Gak ada bedanya. Dan seperti biasa, ada Pauli. Hahahaha. Gak ada saran khusus disini. Yang penting persiapkan fisik dan mental. Wkwkwk. Oh ya, tes ini akan langsung diumumkan beberapa jam setelah tes dilaksanain. Jadi, bakal ada yang gugur disini.

  1. FGD

Tahap ini adalah tahap FGD. Topik yang dibahas bersifat umum kok. Gak terlalu pure mengenai dunia konstruksi. Ya, tips mengenai FGD pun udah banyak kan dibahas di web-web. Tinggal googling aja. Wkwkwk. Oh ya, di fase ini gak ada system gugur. Semuanya bakal langsung ke tahap wawancara psikolog.

  1. Wawancara Psikolog

Tahap ini adalah tahap lanjutan dari FGD. Alias, gak ada yang gugur dari fase sebelumnya. Disini lo bakal ditanya-tanyain seputar CV lo. Jadi, pastikan CV yang lo bikin itu beneran dan gak boong. Trus, disitu juga bakal ditanyain seputar kepribadian lo. Kebetulan kalo gue ditanyain yang berkaitan dengan hasil tes pauli. Kenapa kok itu yang ditanyain? Hmm, PM aja ya kalo mau tau. Wkwkwk. Pasca dari tes ini mulai kembali ada yang gugur.

  1. Wawancara User dan HRD

Tahap ini adalah tahap wawancara dengan pihak Wika. Sebelum wawancara, biasanya diawali dengan tes tulis. Ya, tesnya didasarkan atas bidang keilmuan masing-masing kok. Setelah itu kelar, bakal lanjut di wawancara sama user. Oh ya, sampai sekarang gue gak tau user yang ngewawancara gue itu dari departemen mana di Wika. Agak sedikit beda dengan bebera perusahaan. Kalo disini, user bukan berarti calon atasan kita. Jadi, bias jadi lo gak bakal ketemu ama bapake pas di Wika. Abis itu, bakal dilanjut ke HRD. Ya, sebenere mirip-mirip ama pas wawancara psikolog sih. Tapi, bakal lebih lama (kayaknya). Paling cepet 20 menit pas di HRD. Bisa lebih. Disini tiap orang beda-beda sih. Hahaha. Yang pasti, disini bakal ada yang gugur juga

  1. Medical Check up

Tahap selanjutnya adalah tahap MCU. Disini gak sedetail kalo di perusahaan tambang, oil & gas, atau service company kok. Tapi, ya persiapkan aja yang terbaik. Kurangi makanan kurang sehat, banyakin makan buah dan sayur, dan perbanyak minum air putih. Beberapa hari setelah MCU langsung keluar pengumuman.

Dan, selamat bagi yang lolos. Selamat menjadi calon pegawai Wika! Eh, kok calon. Yap, seleksi masih belum berakhir kawan. Wkwkwk. Oh ya, yang perlu gue garis bawahi biar gak salah tangkap kayak gue, ini bukan MT ya guys. BUKAN MT. jadi, jangan berharap kalo sistemnya kayak MT. meskipun, beberapa kali kalo pas di email dibilangnya Dear MT xx (xx menandakan angkatannya). Tapi percayalah kalo ini bukan MT. karena seleksi belum berakhir, mari kita lanjutkan. Wkwk.

  1. TTD kontrak

Beberapa hari setelah pengumuman, bakal ada sign contract. Pelajari ya sebaik mungkin, kalo udah sreg baru ttd

  1. Outbound

Tahap selanjutnya adalah pelatihan outdoor atau outbound. Buat yang penasaran apakah ini seperti pelatihan militer, jawabannya adalah tidak sama sekali. Serius. Enelan. Gak pake boong. Ini pure outbound. Dijamin 100 %. Jadi, gak ada yang perlu dikhawatirkan. Oh ya, pastikan ikuti semua kegiatan semaksimal mungkin ya. Wkwkwk. Meskipun beberapa kali saya gagal beberapa kali dalam beberapa tantangan. Oh ya, pergunakan agenda ini untuk mengenal teman kalian. Percayalah, mereka bakal menjadi keluarga baru kalian di Wika

  1. Pelatihan Indoor

Ini adalah semacam kuliah kembali di Wika. Seminggu full bakal diterangin semua hal terkait dengan Wika. Dan di akhir bakal ada tes mengenai itu. Oh ya, di sini bakal diajakin juga ke business unit lain dari Wika. Percayalah Wika itu gede banget. Wkwkwk. Oh ya, disini juga bakal ditanyain lagi soal dokumen-dokumen yang harus dikumpulin. Termasuk kayak NPWP, toefl, dll. Jadi yang pas itu sertifikat toeflnya expired atau gak dianggep (seperti punya gue) ya harus tes lagi. Khusus untuk toefl, disini yang penting adalah lebih dari 500. Jadi yang punya nilai toefl sebesar 501 dengan 553 atau 677 pun akan memiliki proporsi nilai yang sama -_-.

  1. OJT

Dan, selanjutnya adalah on job training. Lo bakal ditempatin entah di proyek atau departemen. Percayalah, pulang jam 5 sore adalah mitos belaka. Wkwkwkwk. Penempatannya bias di seluruh wilayah Wika. Termasuk di anak perusahaan.

  1. Makalah dan Presentasi

Ini adalah tahap paling terakhir. Pada sela-sela OJT, lo harus membuat makalah dan dipresentasikan kurang lebih 5-6 bulan selanjutnya. Ini menjadi salah satu penilaian penting dalam proses pengangkatan menjad pegawai organik (pegawai tetap) di Wika. Gue sendiri dulu udah punya judul yang berhubungan dengan database. Kenapa kok ngambil judul itu, pertama karena itu berhubungan dengan salah satu kerjaan gue pas OJT. Kedua, gue mikir. Pas OJT gue sama sekali gak megang software power banget. Gue justru megang sketchup, revit, excel, dan autocad aja. Eh bentar, sketchup? Yap, gue pas disitu menjadi yang diserahin bikin simulasi 3d. wkwk. Karena itulah, gue merasa sekalian aja gue bikin makalah yang gak berhubungan sekali dengan power. Yap gue merencanakan membuat database itu dengan mengombinasikan VB dan Access. Kenapa VB, soalnya itu Bahasa pemrograman yang paling bisa gue pelajarin untuk saat ini. Wkwkkw.

Untuk tahap nomer 11 dan 12 sendiri gue tidak mengalami itu secara utuh. Karena saat ini gue udah gak di Wika. Kok cepet banget? Gak betah? Hmm, yang mau tau bisa PM saya. Wkwkwk

Anyway, mungkin itu yang bisa gue share mengenai proses menjadi calon pegawai di Wika. Ada yang bingung, silahkan kontak gue. Ciao!!

4 Comments

  1. Mas adib, ak s1 ugm juga ni mas kebetulan ngikutin proses seleksi ini dan ampe skrg lancar. Tapi baru sadar kalau ini bukan MT, melainkan PPCP, mau tau bedanya apa mas?
    Btw klu pm k sampean via ap nih mas?

    Reply

Leave a Reply

